Tentang Kami

Ciri Khas Masakan Indonesia memiliki variasi rasa yang paling banyak. kebanyakan dari mereka datang dengan ciri khas yang hanya bisa Anda temukan di Indonesia. Beberapa dari mereka mungkin terlihat seperti masakan Asia lainnya, tetapi rasanya benar-benar berbeda.

Masakan tersebut bahkan diklaim sebagai salah satu masakan dengan cita rasa terbaik di dunia. Kelezatan masakan Indonesia harus bervariasi karena berasal dari suku yang berbeda.

Karena Indonesia terdiri dari begitu banyak suku, masakannya juga memiliki rasa yang berbeda. Hal tersebut membuat masakan Indonesia memiliki lebih banyak variasi dalam ragam ciri khasnya. Kali ini kami akan memberikan beberapa daftar ciri khas masakan Indonesia yang tak lekang oleh waktu.

Ciri Khas Masakan Indonesia

1. Rempah-rempah

Indonesia adalah negara tropis yang rempah-rempah dan rempah-rempah tumbuh dengan baik. Itulah sebabnya orang Indonesia menggunakannya sebagai bumbu tambahan untuk masakan mereka. Rasa masakannya akan datang begitu enak dan nikmat.

Umumnya orang Indonesia menggunakan kunyit, kencur, merica, kemiri, ketumbar, dan banyak lagi sebagai spesiesnya. Mereka akan mencampurnya dengan benar dalam masakan. Setiap masakan memiliki campuran bumbu yang berbeda-beda sehingga Anda akan menemukan berbagai cita rasa masakan Indonesia.

2. Selera

Masakan Indonesia bisa begitu gurih di beberapa daerah seperti sup atau tumisan. Biasanya kuahnya akan menggunakan santan agar rasanya lebih gurih. Masakan gurih seperti ini bisa Anda temukan di Sayur Lodeh, sop konro dari Makasar, atau masakan Betawi lainnya.

Cita rasa masakan Indonesia tidak hanya akan Anda temukan di hidangan utama tetapi juga beberapa makanan ringan. Orang Indonesia biasa menyebutnya dengan Jajanan Pasar yang bisa Anda temukan di pasar tradisional.

3. pedas

Kebanyakan orang Indonesia menyukai makanan pedas tidak heran Anda akan menemukan begitu banyak makanan pedas dalam masakan Indonesia. Sebagian besar masakan Sumatera pedas sehingga masakan dari Bandung, Surabaya, Bali, atau Makasar.

Anda dapat menemukan makanan pedas seperti Seblak dari Bandung, Rendang dari Padang, mie Aceh, Sambal Matah dari Bali, atau Oseng-Oseng Mercon dari Yogyakarta sebagai hidangan utama Indonesia yang terkenal.

4. Berminyak

Makanan berminyak atau yang biasa orang Indonesia menyebutnya sebagai makanan berminyak adalah ciri khas masakan Indonesia yang paling banyak ditemukan di mana-mana. Meskipun makanannya pedas, gurih, atau bahkan manis, di dalamnya pasti berminyak.

Makanan berminyak lebih gurih dan kaya rasa yang bisa Anda temukan dalam masakan Indonesia. Begitu lengkapnya Indonesia dengan bumbu di dalamnya.

Anda bisa menemukan makanan berlemak seperti di Mie atau Nasi Goreng, Gudeg dari Yogyakarta, Rendang dari Sumatera Barat, dan masih banyak lagi.

5. Manis

Rasa manis masakan Indonesia umumnya bisa Anda temukan di kuliner Yogyakarta. Biasanya, meskipun makanan datang pedas tapi rasa manis tetap ada di dalam makanan. Teknik memasak pada beberapa masakan Yogyakarta juga hadir dengan cara yang berbeda dibandingkan dengan daerah lain.

Biasanya, orang Yogyakarta membuat proses memasak lebih lama dari biasanya. Sehingga manisnya bisa teruji sepenuhnya dalam masakan. Misalnya, untuk memasak gudeg mereka membutuhkan lebih dari delapan jam untuk membuat gudeg yang manis datang.

6. asin

Masakan asin umumnya dapat Anda temukan di sebagian besar masakan Jawa Timur atau Jawa Barat. Sebagai daerah Jawa Timur memiliki produk garam terbesar sehingga mempengaruhi karakteristik makanannya. Mereka menggunakan lebih banyak garam daripada daerah lain tetapi rasanya datang dengan cara yang baik seperti dalam hidangan makanan laut Indonesia.

Bagi orang Jawa Barat umumnya menyukai yang lebih asin sehingga meskipun masakannya gurih, garam bisa Anda cicipi dengan baik di dalam makanan dengan makanan pokok Indonesia yang paling enak.

7. Pedas-Manis

Biasanya orang Indonesia mencampur bumbu dalam masakan mereka itulah sebabnya makanan pedas-manis ini ada di Indonesia. Bagi mereka yang tidak menyukai hal-hal pedas dalam makanan mereka, mereka menambahkan sedikit gula ke dalamnya. Perpaduan cabai dan gula membuat masakan ini kaya akan rasa pedas-manis.

Anda dapat menemukan manis pedas di Gado-Gado, Lotek, Karedok, Bakmi Jowo di Yogyakarta atau beberapa Mie Goreng di masakan Jawa Tengah.

8. Makanan Susu

Umumnya makanan yang berbahan dasar susu merupakan perpaduan makanan yang dimasak dengan sempurna dengan santan. Rasanya akan bervariasi seperti pedas di sebagian besar masakan Sumatera, manis di Jawa Tengah dan Yogyakarta, asin di Jawa Timur dan Jawa Barat.

Makanan susu bisa Anda temukan di Opor Ayam di hampir seluruh wilayah Indonesia, Kare Kameng dari Aceh, Lempah Kuning dari Bangka, Gulai di sebagian besar pulau Jawa, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, kita perlu melestarikan masakan sebagai satu-satunya ciri khas masakan khas Indonesia. Saat ini banyak sekali western food di Indonesia meskipun chef-nya adalah orang Indonesia yang tidak mengherankan lagi dengan beberapa fakta unik tentang Indonesia.

Itu karena masakan dari barat lebih mudah dimasak dibandingkan masakan Indonesia yang menggunakan begitu banyak spesies. Perlu lebih banyak latihan untuk mempelajari cita rasa masakan Indonesia yang luar biasa.

Karena Indonesia terdiri dari begitu banyak suku, masakannya juga memiliki rasa yang berbeda. Hal tersebut membuat masakan Indonesia memiliki lebih banyak variasi dalam ragam ciri khasnya. Kali ini kami akan memberikan beberapa daftar ciri khas masakan Indonesia yang tak lekang oleh waktu.